Jumat, 08 Juni 2012

Menulis ~ Menurut Dita Indah Syaharani :)

Kali ini aku cuma mau share aja tentang menulis. Maklum lah aku kan penulis HAHAHA *nyengir lebar*. Bukuku sih baru tiga. Wkwkwk... dikit ya? Banyak temen-temen seperjuangan-ku di facebook yang bukunya udah banyak.


Doain ya supaya aku bisa nerbitin buku lagi dan jadi penulis yang produktif... *mengedip-ngedipkan mata*. Kalo kamu doakan, tegkiu yo :D


Oke, sejujurnya aku bingung mau mulai dari mana -___-. Mau dari Jambi atau Jakarta? *masang wajah bloon*.



NEXT!






--






Aku mulai suka baca-baca dan kenal serial KKPK itu waktu kelas dua SD. Well, saat itu aku ke rumah temenku yang kupanggil Kak Asya (a part of #LittlePADYBand - Putri, Asya, Dita, Yati).


Nah.. aku ngeliat buku karangan Kak Aini yang judulnya "Asyiknya Outbound" (KKPK, tahunnya aku lupa. Yang jelas udah lama buanget). Terus aku baca-baca dikit.


Yang jelas gak tau dari mana, aku mulai demen baca buku.


Tau gak? Dulu aku pernah beli 10 buku (dan itu justru disuruh plus diizinin Mama), padahal aku enggak lagi ultah atau dapet rangking. Katakan aja: CUMA-CUMA.


Oke. Gak tau dari mana (lagi), aku demen nulis. Waktu aku sekitar kelas tiga lah.. ih telat banget yooo?



--



Nah... sebetulnya waktu kelas tiga tuh kan.. aku udah mulai banyak bikin cerita (yang super-sederhana, super-khas-anak-kecl, super-lugu, superman -___-"). Tapi aku sering juga ngehapus file naskahku itu. Bahkan pernah juga aku ngehapus file naskah yang udah puaaanjang banget!


Why I hapus? Why tidak disimpan?


Karena aku ngerasa tema dan cerita tuh naskah udah pasaran HAHAHA *ketawa drakula*. But, emang iya lhooo.. aku dapet ide itu dari sebuah buku dan ternyata aku malah bikin cerita yang alurnya sama persis kayak buku itu HAHAHA *ketawa lagi*.


Aku inget banget, nama tokoh utama di ceritaku itu... WELLA. Seorang peri yang pengennya bisa aku lihat dengan mata bokong kepalaku sendiri. Tapi serius... aku tau itu gak bakalan terjadi!



--



Gak tau ceritanya, aku makin berkembang aja dalam menulis. Aku sempat bikin naskah kumpulan cerpen dan untuk pertama kalinya, aku kirim ke penerbit. Awalnya rada takut kalo gak lolos/diterima penerbit. Tapi akhirnya kuputuskan untuk TETEP KIRIM!!



Itu naskah pertama yang aku kirim ke penerbit. And ternyata... aw aw aw.. naskah pertamaku itu diterima sama KKPK (Di bawah naungan Dar! Mizan). Ya Allah... KKPK! Itu kan serial yang udah terkenal banget... *sujud syukur, nyium telapak kaki Mama-__-*.




Bayangin... Naskah yang untuk pertama kalinya dikirim ke sebuah penerbit ternama... terus diterima. Alhamdulillah...! Maaf kalo aku ngomongnya rada-rada sombong gitu -___-. Silakan cap aku, "Anak Sombong". Gapapah... lagian kan sekarang aku mau jelasin tentang menulis, dan.. pengalamanku dalam menulis.



Oke. Next yo...



--



Sebetulnya, banyak orang yang bilang... penulis itu harus sering jalan-jalan. Karena dari jalan-jalan, kita bisa dapet ide. Well, kuakui itu benar! Lagian papaku juga bilang begitu...


Tapi aku ini paling males jalan-jalan (kecuali ke toko buku, muahahaaa! Dan ke tempat penjualan buku bekas *kan lumayan ngirit tuh*, terus ke tempat-tempat asyik buat remaja, wkwkwk... Gaya lo Diiit...!). Kalo disuruh ke mana.. gitu, aku pasti jawab, "aku di rumah aja".


Tapi, tapi...


Tapi kalo Mama/Papa bilang, "abis ke sana, kita ke Gramedia. Mau nggak?"... nah itu baru mau! HAHAHA *berseri-seri*.



Aku paling males kalo disuruh jalan-jalan. Apalagi pas weekend. Lagi mau santai-santai, internetan di rumah, eh... diajak ke kondangan (ini nih yang paling males, paling aku mau makanannya aja -_____-, dan itupun gak terlalu ngarep. Aku bukan fakir coyyy!), ke rumah temen, dll.



Tapi kurasa enggak apa-apa sih kalo jarang jalan-jalan...



--



Menulis.


Dulu menulis itu kuanggap hanya sebatas hobi. DULU ye, DULUK *DULU-nya pake K*. Tapi setelah aku nerbitin buku, aku mulai berpikir untuk menjadikan MENULIS sebagai tujuan hidup *cieeeh... kayak orang dewasa perasaan, yah-___-*.


Kalo menurut aku sih... proses jadi penulis itu beginih:



JENGJENGJENG!!



Baca buku -> Hobi baca -> Iseng-iseng atau pengen nulis -> Mulai suka nulis -> Terus menulis ampe naskahnya selesai -> Dikirim ke penerbit -> Diterima sama penerbit -> Diterbitin -> JADI PENULIS 






Terus yang paling membanggakan bagiku sebagai seorang penulis... bukuku udah ada di toko buku! Bayangin... seneng banget coy!


Dulu aku pernah ngeliat bukuku yang kedua (CCPK Yola's Amazing Discovery, Edelweiss, Januari 2012) di tokbuk. Udah ada? Asiiik... terus ada adek kelas yang lewat. Aku pura-pura gak tau dan pergi. Terus aku ngintip-ngintip dia.


Dan ternyata... dia mengambil bukuku! YEEEEEEEEEEEEEEEEYYYY!!!!! Kebahagiaan gue selangit...! *lebay*.



Oiya.. selain itu, ada lagi hal yang menyenangkan sebagai seorang penulis. Apa itu? Dapet royalti XD. Apalagi kalo royaltinya banyak. Siap-siap joget Sik Asik di rumah! Wkwkwk.



--



Hal yang paling-super-MENYEBALKAN dalam menulis adalah... mentok! Apalagi misalnya nih ya... naskah kita tuh udah sedikiiiit lagi, eh taunya mentok. Kehabisan ide. SIALAN!


Aku sering banget ngalamin itu. Berkali-kali tulisan aku gak selesai-selesai gara-gara mentok. Dan bantuan yang tepat agar kita tidak mentok saat menulis adalah...



JENGJENGJENG!!



Membuat kerangka. Kerangka manusia? Iya dong #eh. Ya enggak laaaah.. kerangka cerita! Biasanya disebut online, eh.. outline.



Kalo waktu aku baca di buku, katanya sih kerangka cerita paling sederhana itu... bab!



Bab?


Iyoh. Kito tu nyatet babnyo dulu. Biso langsung di MS Word, biso di kertas bae. Yang jelas kito bikin bab-babnyo, terus nanti kito kerjoin lah naskahnyo, berurutan dengan bab-bab yang udah kito catet tu.


Wkwkwk... Itu bahasanya... bahasa yang biasa aku pake. Jadi bahasa Indonesianya ini:


Iya. Kita nyatet babnya dulu. Bisa langsung di MS Word, bisa di kertas aja. Yang jelas kita bikin bab-babnya, terus nanti kita kerjain naskahnya, berurutan dengan bab-bab yang udah kita catet itu.



Nah.. aku sih dulu nggak bisa bikin outline. Jadi aku bikin bab-babnya aja. Sederhana banget kan? Oiya, bab-bab yang kita catet itu... kayak 'Daftar Isi' di sebuah buku ituhh *yaiyalah!*.


Emmh.. ternyata itu lumayan membantuku lho. Sekarang aku lagi ngerjain tuh naskah. Doain ya supaya cepat selesainya, cepet dikirim, cepet dikabarin, dan kalo diterima cepet diterbitin (amiin), hehehe.... Yang udah doain, tengkiu banget yooo!



--



Ide.


Ya, tentu saja ide merupakan hal yang sangat penting dalam menulis. Dari mana, bagaimana, dan kapan aja sih ide datang? Mmm... mari kita lihat!


1. Saat sedang dalam kondisi flow.
Apa itu flow? Kalo nggak salah sih waktu aku baca, flow itu mengalir. Maksudnya? Saya juga tidak tahu HAHAHA. Ya... misalnya, kita lagi sibuk. Ada tugas, deadline, atau apa yang membuat kita sibuk setengah mati setengah hidup. Itu dia kondisi flow!

Terus tiba-tiba saat dalam kondisi flow, kita dapet ide! Ide cemerlang! Ide yang luar-biasa-keren-banget-dueh!

Aneh ya? Kadang waktu kita lagi nyari ide, nggak nemu-nemu. Nah waktu lagi sibuk luar binasa, malah dapet ide. Ya itu anugerah! HAHAHA... Bersyukurlah karena ada ilham yang dateng. Bukan 'ILHAM' nama orang yooo!

Cepat-cepatlah kamu catet ide yang dateng itu. Jangan berpikir kayak gini, "ah... aku lagi sibuk. Ntar aja deh kalo udah selesai aku catetnya." JANGAAAAAN! AAAA!! Eh lebay banget sih -___-.

Yang jelas, sesibuk apapun kamu saat itu, cepet catet idenya. Ya semampu kamu aja. Kalo emang sibuk buanget, catet aja judulnya. Kalo emang sibuk tapi masih ada waktu, ya kamu bikin aja sekalian ringkasannya, bab-babnya. Ya gitu...


2. Saat jalan-jalan.
Kalo lagi jalan-jalan, kamu harus bawa notes! Supaya misalnya suatu saat kamu nemuin ide, kamu bisa langsung catet. Eh tapi bisa juga pake memo di HP, kan lebih praktis. Hehehe...


3. Saat di WC.
Jangan heran ya! Ini aku juga sering beginian. Kadang dapet ide waktu bershampo, bersabun, asal siram, BAK, atau juga BAB. -_-


4. dll. Pokoknya kamu bisa nemu ide dimanapun dan kapanpun.



REMEMBER! Saat kamu dapet ide, kamu harus cepet-cepet nyatet tuh ide. Jangan sampe lenyap begitu saja. Kan, ingatan kita ini terbatas. Siapa tahu bisa lupa? Ya nggak sih? Nah, makanya.... buat jaga-jaga, kamu langsung aja catet!



--



Rencananya aku mau ngasih tips menulis buat kamu-kamu semuah. Tapi kayaknya nggak sekarang deh. Hehehe, kapan-kapan aja ya. Kalo bisa sih bikinnya waktu post selanjutnya. Kalo bisa yaaaa....


Ini posting yang membosankan banget. Kata-katanya bertele-tele. Nggak menarik. -___- Hahaha, tau ah! Kan kamu yang bisa menilai.


Pokoknya kali ini aku cuma share aja kok. Hehehe... berbagi gitu. BERBAGI itu INDAH! Beneran deh. Jangan pernah takut nge-share hal yang kita tahu/pahami/kuasai kepada orang lain.


Jangan pernah berpikir begini, "ah.. nanti kalo aku kasih tau, semua orang pada hebat-hebat kayak aku". JANGAAAN! Kalo kayak gitu, berarti kamu maunya hebat sendiri.


Tau nggak? Aku pernah baca... kalo kita ngebagi ilmu kita dengan orang lain, maka kita bakal tambah pinter dan hebat. Percaya nggak kamu?



Eh kok ngomongin beginian ya? ._.



--



Eh iya.. makasiii banget buat yang mau baca dari awal sampe abis. Tapi makasi juga buat yang mau baca walaupun hanya sebagian. Karena aku tahu posting ini membosankan banget. Wkwkwk...



--



Oiya... baidewei, bagi kamu-kamu yang punya BB, minta pinnya donggg... Kasih tau aja lewat facebook. Facebook aku: Dita Indah Syaharani.



Udah yaw, dadaaaah!!!


8 komentar:

  1. KKPK itu apaan kak?? semacam nama makanan ya -_- aku baru denger :(

    waw tipsnya bermanfaat haha aku baru tau apa itu flow :D
    ajarin aku nulis dong kak :)
    kakak kan jago dan udah jadi penulis :) ikutan berpartisipasi juga dong kak di #NBPB :)
    http://mendadaksalmon.blogspot.com/2012/05/nulis-bareng-peduli-bareng.html :)

    BalasHapus
  2. ninuk: KKPK= kecil kecil punya karya, serial novel yg dibikin anak2 --"
    makasih tips ide-nya ya dit, keep it up
    *lagi ngerjain novel serius terus mau dikirim ke PBC --"

    BalasHapus
  3. Eh dit,, Bahasa lu sama kek w ye,, lu orng mna sih??

    BalasHapus
  4. saya gak ada pin BB.. :P

    but, ide biasanya muncul sebelum tidur... :D

    BalasHapus
  5. berbagi itu indah, indah itu nama tengah lu =='

    BalasHapus
  6. hallo dita, serius tuh nama peri di bukumu WELLA? ih, itu kan nama akuuuhhh ... Thanks ya udah dijadikan terkenal, meski hanya namanya doang hehehe :-D

    Tetap menulis dita, keep up the good work! :-)

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Salam kenal, ya. Pertama baca tulisanmu (aku tau kamu dr DYK), rasanya enak lho bacanya. Stop, jangan ngefly. Menurutku sih gitu. Aku jg pernah berpengalaman menghapus naskah kayak kamu, tp alasannya karena di cerita itu nggak ada masalah yang berarti (kaga punya masalah seeeh). Keep fighting dan keep writing, ya....

    BalasHapus
  8. Kak ditaaaaa! *digaplok ,_.* mau nanya dongssehh. kita *kita? gue aja kali lo nggak =w=* punya satu cita2 yg sama. nahh, kalo di KKPK itu nunggu infonya 3-4 bln kan? eh iya ga? kalo misalnya udah jadi penulis dii KKPK jg nunggu infonya 3-4 bln? ato kurang? thanks :D *ehehe

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentarmu, jika kamu suka postingan ini. Terima kasih :)

 
100 % Design by Dita Indah Syaharani. Thanks for visit. Come again later!